Bintang Terbesar di Jagat Raya 265 Kali Lebih Besar Dari Matahari Ditemukan

 

Para ilmuwan di University of Sheffield berhasil menemukan Bintang Terbesar di Jagat Raya.  Bintang Raksasa tersebut dikenal dengan kode R136a1 dan mempunyai ukuran 265 kali lebih besar dari matahari.

Bintang tersebut terletak di Nebula Tarantula dalam Awan Magellan Besar yang seakan tampak sebagai sebuah ‘satelit kecil’ yang mengorbit galaksi Bima Sakti.

Penemuan bintang ini menggunakan European Southern Observatory’s Very Large Telescope di Chile dan data dari Teleskop ruang angkasa Hubble.

Sebelumnya, bintang-bintang yang dikenal sebagai bintang terberat adalah sekitar 150 kali massa Matahari, dan ini diyakini mendekati batas ukuran kosmis. Semakin besar bintang tersebut, jumlah energi yang dibuat dalam core mereka meningkat, lebih cepat dari gaya gravitasi. Energi ini membuat bintang lebih terang.

Di atas luminositas tertentu, aliran energi yang mengalir dari mereka begitu kuat sehingga membuat bintang terpisah. Hal ini dikenal sebagai “Eddington Limit”, setelah Arthur Eddington fisikawan Inggris pada tahun 1919, membuktikan teori relativitas Einstein dengan menunjukkan bahwa cahaya dibengkokkan oleh gravitasi. Ia percaya bahwa batas Eddington dicapai pada sekitar 150 massa matahari.

Massa R136a1 adalah 265 kali massa matahari. Semakin tua, bintang-bintang besar kehilangan massa mereka lebih cepat karena massa tersebut diubah menjadi energi, R136a1 telah kehilangan 20 persen massanya dalam jutaan tahun hidupnya. Diperkirakan, ukuran awalnya berkisar 320 kali masa matahari kita. Sebagai perbandingan. matahari kita telah terbakar selama 4.57 milyar tahun, dan hanya mengkonversi 0.03 persen massanya menjadi energi.

Peneliti utama dalam tim Sheffield, Profesor Paul Crowther mengatakan “Karena kedekatannya dengan Batas Eddington maka mereka kehilangan massa dalam jumlah yang besar.” Ini berarti bintang tersebut sangat cerah dan panas – R136a1 diyakini memiliki temperatur permukaan lebih dari 40.000 derajat Celcius, dan ini adalah 10 juta kali lebih terang dari Matahari.

Di antara bintang-bintang terbesar yang pernah diketahui sebelumnya adalah Bintang Pistol yang mempunyai berat antara 80 dan 150 massa matahari, dan Eta Carinae, sekitar 100 massa matahari. Bintang Pistol memancarkan energinya dalam 20 detik setara dengan satu tahun pancaran matahari kita. Namun, keduanya masih lebih kecil dibanding dengan penemuan baru ini.

Menurut laporan Astronomy Now, R136a1 mengeluarkan energi lebih besar dari semua bintang dalam Nebula Orion, dan jika diandaikan dalam tata surya kita, ia lebih terang dari Matahari, dan Matahari kita sebesar Bulan.

Ada empat bintang di cluster RCM 136a dengan massa lebih dari 150 Matahari dimana R136a1 adalah salah satunya.  Empat bintang ini saja memberikan setengah dari energi dalam cluster keseluruhan, yang berisi total 100.000 bintang.

Hyper-bintang seperti R136a1 diyakini terbentuk dari penggabungan beberapa bintang muda bersama-sama, dan hanya ditemukan di jantung gugus bintang. Prof Crowther menduga bahwa ukuran sebesar ini adalah hasil maksimal yang dimiliki bintang. Dia mengatakan: “Karena kelangkaan monster ini, saya pikir tidak mungkin rekor baru ini akan rusak dalam waktu dekat.”

Laporan penemuan ini dapat ditemukan di edisi terbaru Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society .

 

Foto

Hyper-star R136a1 (background warna biru) dibandingkan dengan matahari kita (kuning)

Foto

Bintang R136a1 (tengah) Photo: AP

Foto

Nebula Tarantula dengan cluster bintang RMC 136a (kotak merah) di dalamnya

Posted on 18 Agustus 2011, in Jagat Raya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: