Perlengkapan Pembelajaran Aktif

Pembelajaran Aktif
Aktif dalam pendidikan pada dasarnya mengajak siswa untuk belajar berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut Silberman (2004) ada beberapa perlengkapan belajar aktif diantaranya:

  1. Tata letak menyusun Kelas

Keadaan kelas (lingkungan belajar) sangat berpengaruh saat pembelajaran berlangsung. Dengan formasi bangku yang berbeda akan membawa semangat belajar aktif dan menjadikan pembelajaran yang menyenangkan.

2. Partisipasi
Kegiatan yang aktif tidak akan terjadi tanpa adanya partisipasi dari siswa. Beberapa cara dibawah ini akan menarik respon siswa dalam berbicara di kelas.

  •  Diskusi terbuka
  • Bermain kartu
  • Jajak pendapat
  •  Diskusi kelompok
  • Mitra belajar
  • Adanya penyemangat
  •  Panel
  •  Ruang terbuka
  • Permainan
  • Mendatangkan pemateri

3). Mendapatkan mitra belajar
Salah satu cara yang paling tepat untuk mengaktifkan adalah dengan menggunakan mitra belajar, yakni membagi kelas menjadi berpasang-pasangan dan membentuk kemitraan dalam belajar.

4). Pertanyaan untuk mengetahui harapan siswa
Lingkungan belajar aktif merupakan tampat dimana kebutuhan, harapan dan persoalan siswa mempengaruhi rencana pembelajaran guru. Pengajar dapat membuat variasi pertanyaan yang kita ajukan untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan siswa. Seperti “informasi apakah yang ingin kalian dapatkan pada mata pelajaran ini?”. Dengan pertanyaan ini siswa akan tertarik karena informasi tersebut mereka butuhkan.

5). Strategi membentuk kelompok belajar
Kelompok belajar merupakan bagian penting dari kegiatan belajar aktif. Sehingga mereka berhak memilih kelompok mereka, sesuai dengan yang diperintahkan (Silberman, 2004:30-49).
Belajar aktif memiliki banyak keuntungan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dengan sendirinya menggali dan mencari apa yang dibutuhkan, dengan belajar aktif guru berperan sebagai fasilitator dan pengontrol, dimana tercipta lingkungan yang mendukung. Adapun perbedaan belajar aktif dan pasif menurut DePorter dan Hernacki (2005:55) sebagai berikut:

Posted on 23 Juli 2011, in PAKEM. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: